Jurus Jitu Mengatasi Stress Dalam Pekerjaan
Cara Jitu Mengatasi Stress Dalam Pekerjaan |
Apakah rutinitas anda dalam bekerja membuat anda stress dan tertekan? Lalu mengapa ini terjadi? Ya, ini menjadi sebuah realitas baru yang di dapati pada setiap orang yang tidak/ belum mampu memanage diri dengan baik. Pernahkah anda mendengar filosopi yang sejenis ini "Kebahagiaan atau keterpurukan hanya ada dalam pikiran".
Ya, itu adalah salah satu dari sekian banyak filosopi agar kita tidak terpuruk oleh pikiran kita sendiri. Dengan cara memanagenya dengan baik tentunya. Lalu seperti apa agar bisa terhindap dari stress kerja ini? Berikut ulasannya :
1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
2. Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.
3. Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
4. Pastikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
5. Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan JANGAN MELAKUKAN APAPUN. Ambil nafas dalam-dalam.
6. Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
7. Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
8. Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
9. Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.
Saran :
Berusaha tidak membawa stress ataupun permasalahan apapun di tempat kerja, baik itu lingkungan rumah tangga/keluarga karena sedikitnya akan berpengaruh negatif pada diri dan hasil kerja. Buat dan anggaplah tempat kerja seperti rumah sendiri sehingga anda akan merasa nyaman untuk bekerja.
Cukup sederhana bukan? Semoga bermanfaat.
SALAM SUKSES
Sumber & Referensi : akuinginsukses
0 komentar: